Puncak Sukses

Puncak Sukses
salah satu tujuan para pejalan

Thursday, March 29, 2007

TI makan tuan (1)

Aku baru saja membeli Readers Digest Indonesia edisi April 2007, karena di dalamnya ada wawancara dengan teman-teman timku. Ehm, salah satu dari mereka adalah kekasihku tercinta. Tapi bukan itu yang hendak kuulas (utk soal itu sengaja kusisihkan utk website resmi kami...), melainkan artikel kisah kriminal yg berasal dari kisah nyata di hal. 86-93. Ada satu hal yg menarik perhatianku mengenai terungkapnya kasus pembunuhan yg terjadi di tahun 2002 itu. Pelakunya terungkap karena ada bukti paling memberatkan di laptopnya. Aku kutipkan:
Pada 9 Februari 2002, ia mencari kata-kata "medical trauma right chest" lewat Google. Di hari Valentine, ia mencari "gunshot wound right chest". (hal. 92).
Menarik, bagaimana TI (Teknologi Informasi) yg amat berguna bagi manusia bisa berbalik menjadi senjata makan tuan. Tentu hal ini tidak dimaksudkan utk menjustifikasi kegaptekan pejabat2 kita terhadap TI. Baik dulu sewaktu ribut2 sistem TI di KPU saat Pemilu 2004 maupun skandal bagi2 laptop bagi anggota DPR baru2 ini...

No comments: