Puncak Sukses

Puncak Sukses
salah satu tujuan para pejalan

Thursday, May 03, 2007

Nagabonar Jadi 2 - Keren!!!


Sangpejalan nonton pejalan yg seleb: Deddy Mizwar. Wah, luar biasa bapak ini. Gak nyangka kalau beliau ini sangat nasionalis! Kalau agamis sih sudah kebaca dari sinetron2 yg dibuat. Andaikan bisa kontak (hiks!), pengen belajar banyak dari beliau.
Okeh, sekarang ngomong soal filmnya. Nih film tadinya mau remake dari Nagabonar (1987), tapi akhirnya malah jadi sequel. Bagus, soalnya kalau remake Tora Sudiro gak mau ikutan.
Banyak kejutan di film ini, terutama karena semula siap2 nonton film komedi. Eh, gak taunya malah beberapa kali sangpejalan nangis. (waaaa).
Gak cuma di adegan Bonaga (Tora Sudiro) dan bapaknya Nagabonar (Deddy Mizwar) sama2 nangis karena bapaknya menyesal tidak bisa mendidik anaknya dg kelembutan , tapi juga di adegan lain yg menunjukkan nasionalisme. Misalnya saat Nagabonar memberi hormat pada patung proklamator (ups! Spoiler warning!).
Keren banget sebagai sebuah film yang dipersiapkan sbg film dg misi kental.
Terasa agak menggurui, apalagi bagi anak muda. Tapi tetap okelah, gak huek kayak The Patriot (2000) yang dibintangi Mel Gibson itu. Amerikanisme-nya bikin muak abis! Ada banyak adegan yg bisa bikin miris. Misalnya Jaki (Michael Mulyadro) yg rajin shalat tapi juga rajin dugem, gampang ditemui di dunia nyata (duh, sangpejalan jadi malu nih!).
Ada bloopers (adegan salah/janggal), yaitu buku Laa Tahzan (Jangan Bersedih) yg di satu adegan/scene udah dikasih ke polisi, tapi tiba-tiba balik lagi ke tangan supir bajaj bernama Umar (Lukman Sardi) di adegan berikutnya. Selain itu, kesinambungan antar adegan kurang dijaga, sehingga terkesan tidak tuntas. Misalnya, bagaimana bajaj yg sudah dicegat polisi di Thamrin bisa lolos pulang lagi ke rumah Bonaga setelah Nagabonar memanjat patung Sudirman di jalan Sudirman, tentu bisa dipertanyakan.
Tapi secara keseluruhan, film ini layak diacungi lima jempol! (duh, sampai kurang ya jempolnya sangpejalan?). Jadi...buruan nonton!
PS: Di blog banyak review soal film ini, tapi kalau mau liat situs resminya di: http://www.nagabonar2.com/galery.html. Sayang nih situs gak lengkap. Toh, tetap gak mengurangi rekomendasi sangpejalan utk nambahin tebel koceknya produser dg menonton film ini. Jangan beli DVD bajakan ya, capek kan buat film?

No comments: