Puncak Sukses

Puncak Sukses
salah satu tujuan para pejalan

Thursday, May 10, 2007

Wanita Pejuang (1)

Masih ingat film Thomas Crown Affair (1999) gak? Ada satu hal menarik yang kuambil dari buku Cinematography for Lovers: “Thomas Crown tahu perbedaan antara istri pameran dan wanita pejuang, dan yang terakhir itu adalah teman hidup yang jauh lebih superior.”
Well, di film itu Crown diperankan oleh Pierce “James Bond” Brosnan. Sementara si wanita pejuang yang diceritakan sudah 40-an tahun itu memang dimainkan si seksi René Russo. (Siapa juga mau… Gitu ya?) Tapi bukan itu pointnya.
Di sini sangpejalan mau membahas figur wanita impian. Boleh jadi, tiap lelaki punya kecenderungan berbeda. Yang paling gampang terlihat oleh psikolog, meski yang bersangkutan biasanya tidak sadar, adalah banyak pria yang menderita Oedipus Complex. Mereka mengidolakan wanita yang sedapat mungkin semirip mungkin dengan ibunya. Bisa wajahnya, cara bicaranya, gaya dandannya, hingga perlakuannya kepada pria. Namun yang paling sering jadi korban adalah justru wanita-wanita pejuang ini. Karena banyak di antara wanita pejuang ini yang merupakan ibu yang baik. Gampangnya: mereka keibuan.
Gak mau panjang2, ntar malah jadi makalah lagi :p Sangpejalan cuma mau bilang. Saat ini tengah beruntung. Sebab, saat ini tengah ditemani oleh seorang wanita pejuang yang memang siap bertarung bersama hingga menggapai puncak sukses. Terima kasih Tuhan.

Sumber kutipan: Peske, Nancy dan West, Beverly. 2004. Cinematography for Lovers: Panduan Menonton Video untuk Menemukan Cinta Sejati. (terj. oleh Siska Yuanita). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. p.83.

No comments: