Puncak Sukses

Puncak Sukses
salah satu tujuan para pejalan

Saturday, August 04, 2007

Dosa favorit setan (1)

Dosa favoritku adalah kesombongan... (Vanity is my favourite sin) itu adalah kutipan dari kalimat yang diucapkan Al-Pacino sebagai John Milton dalam "The Devil's Advocate" (1997). Film lawas ini ditayangkan AnTeve Kamis (2/8) malam lalu dan mengingatkan sangpejalan pada diri sendiri. John Milton dikisahkan adalah penjelmaan dari setan sebagai seorang founder perusahaan bernama Milton, Chadwick & Waters yang tentunya berwujud manusia.
Betapa malu sangpejalan merasa diri sudah berhasil mengatasi banyak hal dalam hidup. Padahal, apa yang dialami cuma serentetan keberuntungan yang tentunya tak lepas dari anugerah Sang Pemilik Jalan. "Vanity" sebenarnya lebih tepat diartikan "ketenaran", namun penerjemah film memilih kesombongan.
Sebenarnya kesombongan juga tidak terlalu keliru, karena efek negatif dari ketenaran salah satunya ya kesombongan. Tapi jangan keliru, tidak perlu menunggu tenar untuk menjadi sombong. Dalam agama yang dianut sangpejalan, orang yang paling tidak disenangi Tuhan adalah "orang miskin yang sombong". Lhoh, lha iya, sudah miskin, sombong lagi! Apa yang disombongkan? Artinya, sudah ia ditimpa kemiskinan, ia tetap sombong tidak mau mendekatkan diri pada Tuhan. Ia menganggap hidup itu cuma untuk makan.
Dalam kehidupan sehari-hari, sangpejalan kerap menjumpai orang-orang semacam ini. Sebagai contoh, para sopir angkutan kota yang kerap menyusahkan orang lain. Mereka kerap berhenti di tikungan jalan dan tidak peduli lalu-lintas menjadi macet di belakangnya. Apa itu kesombongan? Jelas. Mereka tidak peduli bahwa ada orang lain yang susah dan menganggap hanya kepentingan dirinyalah -mencari 'sewa' alias penumpang'- yang paling utama.
Kesombongan dalam agama penulis juga merupakan dosa yang berbahaya. Karena ia sangat dekat dengan menyekutukan Tuhan. Hanya Pemilik Segala itu yang memiliki gelar Yang Maha Sombong! Kita sebagai makhluk sama sekali tidak boleh mengenakan jubah-Nya yang itu! Jadi, benarlah kiranya bila dikatakan: "Kesombongan adalah dosa favorit setan." Karena dari sana kemudian ia bisa beranak-pinak jadi dosa-dosa lainnya.

1 comment:

Unknown said...

wah suka yg ini,tetap semangat menulis.Berkah dalem