Puncak Sukses

Puncak Sukses
salah satu tujuan para pejalan

Monday, August 27, 2007

Surga dan Neraka

Banyak orang sepanjang zaman memperdebatkan apakah surga dan neraka itu ada. Sangpejalan malah lebih jauh mempertanyakan: "Memangnya Tuhan ada?" Karena bagi mereka yang percaya pada dua tempat yang entah di mana itu, pasti percaya pada pembuatnya pula. Kebanyakan pengertian surga adalah tempat yang serba indah dimana segala kenikmatan diperoleh mereka yang selama hidupnya berbuat baik. Tentu ada seabrek syarat tambahan. Neraka adalah sebaliknya, tempat mereka yang jahat. Betulkah demikian?
Saat di dunia, seringkali kita jumpai mereka yang disebut orang munafik. Sangpejalan merasa diri pun seringkali seperti itu. Berpura-pura alim padahal bejat, berlagak suci padahal hamba setan, dsb, dll, dkk. Lantas, siapa sebenarnya penghuni surga dan neraka? Kalau kita percaya Tuhan ada, maka seharusnyalah kita serahkan semua penilaian pada-Nya. Karena bila kita mencoba menetapkan kriteria-kriteria, niscaya semua itu sia-sia belaka. Masalahnya, jangankan surga dan neraka, Tuhannya pun belum tentu ada!
Jadi, sebenarnya ada kesalahkaprahan manusia dalam beribadah menyembah Tuhan bila mereka mengharapkan surga. Tempat itu cuma hadiah saat kita memenangkan perlombaan kehidupan. Maka, alih-alih percaya adanya surga dan neraka, lebih penting percaya pada Tuhan dulu. Itu juga kalau mau, mengingat manusia punya kehendak bebas. Bila kita melakukan semua protap (prosedur dan ketetapan) atau juklak (petunjuk pelaksanaan), masakkan kita tidak lulus ujiannya? Masalahnya, kita sendiri kerap abai pada kedua hal itu yang sebenarnya sudah jelas.
Maka, seperti Chrisye pernah melantunkan: "Jika surga dan neraka tak pernah ada/Masihkah kau menyebut namaNya/Bisakah kita semua benar-benar sujud sepenuh hati/Karena sungguh memang Dia ada/Memang pantas di sembah, memang pantas dipuja". Sayangnya, lagu berjudul Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada yang dirilis dalam album Senyawa (2004) ini ditulis Chrisye bersama seseorang yang diragukan kemampuannya mengimplementasikan apa yang ditulisnya sendiri. Sayang sekali. Itulah bukti bahwa siapa penghuni surga dan neraka itu hanya Tuhan yang tahu. Manusia bisa menampilkan citra tertentu di bumi, tapi apa betul sejatinya seperti itu?

No comments: